Pages

image

Makanan Berbahan Dasar Garut

Sebagai bahan makanan, garut dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Adapun beberapa cara pengolahannya sebagai berikut :

a.  Keripik Garut
 
Bahan alat untuk pembuatan keripik garut antara lain 1 kg umbi garut yang segar dan gemuk, ¼ kg liter air, minyak goreng dan garam secukupnya.
Alat yang digunakan adalah pisau, baskom, kompor dan alat penggoreng.
 
Cara pembuatan keripik garut yaitu umbi dicuci lalu diiris-iris setebal 0,5 cm. Irisan tersebut ditaburi garam, diaduk sampai rata dan didiamkan setengah jam agar lunak dan hilang getahnya. Dicuci dan ditiriskan kemudian dikukus sampai kering. Irisan itu digoreng dalam minyak panas, apinya dijaga jangan sampai kental, kemudian masukkan esen dan aduk sampai rata. Api dikecilkan dan keripik dimasukan dalam adonan gula dan diaduk sampai rata.
Setelah rata diangkat dan dianginkan sampai dingin. Selanjutnya siap disantap atau dipak dalam kantong plastik untuk dijual.
 
b.  Emping Garut
 
Alternatif lain dari pengolahan umbi garut ini adalah dibuat emping. Selama ini emping banyak dikenal orang adalah emping melinjo, ternyata garutpun dapat dijadikan emping yang rasanya tak kalah lezatnya dengan emping yang lain karena memiliki citra rasa tersendiri.
 
Cara pembuatannya : umbi garut dipotong sekitar 10 cm dari ujungnya, karena bagian ini tidak terlalu banyak mengandung serat. Setelah itu dikupas dan dicuci hingga bersih. Umbi dikukus sekitar 15 - 60 menit sampai umbi terasa kenyal dan lengket. Kemudian umbi dipotong-potong sebesar 1 - 2 cm untuk umbi yang besar dan 2 - 3 cm untuk umbi yang kecil agar emping yang dihasilkan dapat seragam bentuknya. Umbi yang dipotong ditumbuk pelan-pelan dengan dialasi plastik. Pengeringan emping dilakukan dengan menjemur di bawah sinar matahari selama 2 – 5 hari. Emping garut juga dapat dijual matang dengan cara menggorengnya terlebih dahulu.

c.  Kue Dadar
 
Kue dadar ini terbuat dari tepung garut dengan dicampur tepung beras dan tepung ketan. Kue dadar ini disajikan dengan santan kental. 
 
Cara pembuatannya :
Isi/inti : Kelapa diparut, diletakkan di wajan, dibubuhi gula sampai manis dan dituangi kira-kira 1 cangkir air, diaduk-aduk terus sampai kental, dibubuhi tepung ketan dan diaduk lagi sampai tepungnya matang, lalu diangkat. Jika sudah dingin, dipulung panjang-panjang kira-kira sepanjang jari untuk diisikan ke kulit dadar.
 
Kulit dadar : Tiga macam tepung (tepung beras 2 cangkir, tepung garut ¾ cangkir, tepung ketan ¾ cangkair) dicampur menjadi satu, diadoni dengan santan cair yang terlebih dahulu dihangatkan kemudian diuleni. Telur ayam (3 butir) dikocok dan dicampurkan ke dalam adonan tadi, lalu dicairkan dengan santan sampai adonan seperti adonan risoles, kemudian garam dimasukkan. Adonan didadar di wajan panekuk yang telah dioles sedikit minyak. Jika pinggirnya sudah kering, diangkat, kemudian diisi dengan unti kelapa, lalu dilipat seperti risoles. Kue dadar ini dimakan dengan santan kental yang telah direbus dengan sedikit garam dan beberapa lembar daun pandan.

d.  Jenang Garut
 
Bahan :
- 1 kg tepung garut , 12 kg gula Jawa, 1 sdt garam dan 1 lembar daun pandan.
Cara Pembuatan :
- Tepung garut dicampur dengan dengan air bersih sampai masak-masak
- Adonan dipanaskan diatas api kemudian ditambah 4 gelas santan
- Masukkan garam, daun pandan dan gula jawa yang telah diiris halus
- Aduk adonan samapai rata (kurang lebih 30 menit)
- Tuangkan adonan dalam loyang dan biarkan sampai dingin.
- Setelah dingin diiris-iris dengan bentuk empat persegi panjang. Kemudian ditaburi dengan parutan kelapa.

e.  Roti Mandarin dari Garut
 
Bahan :
- 10 kuning telor, 1 sdt ovalet, 150 gr gula halus, 150 gr tepung garut, 100 gr mentega.
Cara Pembuatan :
- Mentega dicairkan lalu dinginkan
- Kuning telur, gula halus, ovalet dikocok sampai mengembang
- Masukkan tepung garut kedalam adonan kuning telur diatas
- Masukkan mentega cair lalu aduk sampai rata
- Setelah itu masukkan kedalam loyang olesi mentega dan ditaburi tepung
- Diopen sampai matang

1 komentar:

wallisdaher mengatakan...

Harrah's Resort Southern California - Mapyro
Harrah's Resort Southern California in Funner 광양 출장안마 is located in 당진 출장마사지 Funner at 777 당진 출장샵 Harrahs Rincon Way. View real-time reviews 양주 출장샵 and directions. 남양주 출장안마

Posting Komentar